Tentang Kami

Teknik Metalurgi adalah salah satu cabang ilmu keteknikan yang melibatkan studi, inovasi, disain, implementasi, dan perbaikan proses bertujuan untuk mengubah sumber daya mineral dan logam menjadi produk yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas hidup manusia. Logam berasal dari mineral yang harus terpisah secara fisik dan kimia, yang diproses untuk mengubah mineral tersebut menjadi produk penting yang dapat digunakan sehari-hari.

Sarjana Teknik Metalurgi diharapkan memiliki kapasitas untuk memahami proses pembuatan dan sifat material terutama logam. Pengembangan dan aplikasi logam di dalam kehidupan sangat luas mulai dari penggunaan logam sebagai badan kendaraan bermotor dan pesawat, konstruksi bangunan dan jembatan, mesin, peralatan rumah tangga dan kantor, elektronik hingga komposit fiber, superkonduktor maupun logam implan untuk aplikasi medis.

Jurusan Teknik Metalurgi Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa mempelajari tentang pengolahan mineral tambang, ekstraksi mineral galian menjadi logam, proses pengubahan bentuk logam, proses-proses manufaktur, inspeksi logam hingga disain material serta analisa kegagalan logam akibat degradasi logam yang terekspos lingkungan dan beban mekanis. Beragamnya muatan yang ada di Jurusan Teknik Metalurgi Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa bermuara pada satu ke-unik-an dan ke-khas-san yang dimiliki yaitu Metalurgi Besi Baja. Hal tersebut didukung oleh lokasi Jurusan yang berada di lingkungan industri baja terbesar di Indonesia, PT. Krakatau Steel. Selain itu, untuk mengantisipasi perkembangan ilmu material yang begitu cepat dan beragam, diperkenalkan pula muatan lain seperti komposit, keramik, polimer dan nano-metalurgi.

Pada era globalisasi saat ini, seiring dengan pembangunan di segala bidang, kebutuhan akan sarjana Teknik Metalurgi akan terus meningkat pada bidang kerja yang sangat beragam.

One thought on “Tentang Kami

  1. Pingback: TEKNIK MATERIAL DAN METALURGI | sepridany

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>